Catatan, 13 Oktober 2015
VARIABEL PENELITIAN
A.
Pengertian Variabel Penelitian
Menurut para ahli,
variabel penelitian adalah :
Suharsimi Arikunto (1998: 99) variabel
penelitian adalah objek penelitian, atau apa yang menjadi titik perhatian suatu
penelitian. Ibnu Hajar (1999: 156) yang mengartikan variabel adalah objek
pengamatan atau fenomena yang diteliti. Sutrisno Hadi (1982: 437) variabel
adalah semua keadaan, faktor, kondisi, perlakuan, atau tindakan yang dapat mempengaruhi
hasil eksperimen. M. Nazir (1999: 149) variabel adalah konsep yang mempunyai
bermacam-macam nilai. Variabel adalah gejala atau obyek penelitian yang
bervariasi, contoh: 1) variabel jenis kelamin (laki-laki dan perempuan), 2)
variabel profesi (guru, petani, pedagang)
B.
Jenis-Jenis Variabel Penelitian
Jenis variabel penelitian
ada dua yaitu:
1.
Variabel bebas (Independent vareable)
Variabel bebas disebut
juga sebagai variabel indpenden, stimulus, input, prediktor, antarcendent. Variabel
ini dapat didefinisi sebagai sejumlah gejala dengan berbagai unsur atau faktor
didalamnya yang adanya menentukan atau mempengaruhi adanya variabel yang lain,
tanpa adanya variabel ini variabel yang lain tidak akan ada
2.
Variabel terikat (dependent vareable)
Variabel ini disebut juga
dengan variabel tergantung, respon atau variabel output. Variabel terikat
adalah gejala dengan berbagai unsur atau faktor didalamnya yang adanya
ditentukan atau dipengaruhi variabel yang lain.
Variabel terikat ada 4
jenis yaitu :
1)
Variabel Tujuan
2)
Variabel intervening
Merupakan variabel yang menghubungkan
antara variabel independen dengan variabel dependen yang dapat memperkuat atau
memperlemah hubungan namun tidak dapat diamati atau diukur.
3)
Variabel moderator
Merupakan variabel yang
mepengaruhi (memperkuat atau memperlemah) hubungan antara variabel independen
dengan dependen. Variabel ini sering disebut sebagai variabel independen kedua
4) Variabel
kontr ol
Variabel kontrol merupakan
variabel dengan berbagai unsur atau faktor didalamnya, yang harus dikendalikan
agar tidak mempengaruhi variabel bebas, yang akan berakibat mempengaruhi
variabel terikat.
C.
Menentukan Instrumen
Untuk menentukan instrumen penelitian
maka harus diketahui indikator-indikator penelitian dari variabel-variabelnya.
Variabel
|
indikator
|
Sumber data
|
Instrumen
|
HOTS
|
1.
Novelty
2.
Kontekstual
3.
Problem solving
4.
divergen
dll
|
siswa
|
Tes uraian
|
Akan sangat baik jika penjelasan variabel diberikan contoh dan dijelaskan asal mula penarikan indikator (misal penurunan ke definisi konseptualnya)
BalasHapusterimakasih atas komentarnya pak.
HapusinshaAllah saya akan menambahkan postingan ini dengan contoh dan penarikan indikator dari variabel-variabel tersebut.
Sebelum memberikan contoh saya sedikit menjelaskan tentang penarikan indikator pada variabel penelitian. Variabel-variabel penelitian dijabarkan dalam kajian kepustakaan yang disebut definisi konseptual. Dari definisi konseptual yang diambil dari teori-teori yang ada dalam buku maka dapat dijabarkan definisi operasional variabel. Definisi operasional variabel ini dikembangkan oleh peneliti. Selanjutnya dari definisi operasional inilah didapatkan indikator-indikator yang akan menjadi acuan dalam menulis instrumen penelitian.
HapusContoh kisi-kisi instrumen prestasi belajar.
Definisi operasional dari prestasi belajar. Prestasi belajar adalah skor dari tes yang mencerminkan kompetensi yang dituntut sebagai bukti kualitas penguasaan materi yang telah dipelajari oleh seseorang.
Kompetense dasarnya : menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bangun ruang sisi datar.
Indikatornya : 1) menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan prisma, 2) menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan limas.
Instrumen : hitunglah luas prisma pada gambar disamping.
Skor dari instrumen inilah yang disebut dengan prestasi belajar siswa.