About

TRI RAHMAH SILVIANI | 15709251035 | PMat A | UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Minggu, 18 Oktober 2015

VARIABEL PENELITIAN

Catatan, 13 Oktober 2015
VARIABEL PENELITIAN
A.   Pengertian Variabel Penelitian
Menurut para ahli, variabel penelitian adalah :
Suharsimi Arikunto (1998: 99) variabel penelitian adalah objek penelitian, atau apa yang menjadi titik perhatian suatu penelitian. Ibnu Hajar (1999: 156) yang mengartikan variabel adalah objek pengamatan atau fenomena yang diteliti. Sutrisno Hadi (1982: 437) variabel adalah semua keadaan, faktor, kondisi, perlakuan, atau tindakan yang dapat mempengaruhi hasil eksperimen. M. Nazir (1999: 149) variabel adalah konsep yang mempunyai bermacam-macam nilai.  Variabel adalah gejala atau obyek penelitian yang bervariasi, contoh: 1) variabel jenis kelamin (laki-laki dan perempuan), 2) variabel profesi (guru, petani, pedagang)

B.   Jenis-Jenis Variabel Penelitian
Jenis variabel penelitian ada dua yaitu:
1.     Variabel bebas (Independent vareable)
Variabel bebas disebut juga sebagai variabel indpenden, stimulus, input, prediktor, antarcendent. Variabel ini dapat didefinisi sebagai sejumlah gejala dengan berbagai unsur atau faktor didalamnya yang adanya menentukan atau mempengaruhi adanya variabel yang lain, tanpa adanya variabel ini variabel yang lain tidak akan ada
2.    Variabel terikat (dependent vareable)
Variabel ini disebut juga dengan variabel tergantung, respon atau variabel output. Variabel terikat adalah gejala dengan berbagai unsur atau faktor didalamnya yang adanya ditentukan atau dipengaruhi variabel yang lain.
Variabel terikat ada 4 jenis yaitu :
1)    Variabel Tujuan
2)   Variabel intervening
Merupakan variabel yang menghubungkan antara variabel independen dengan variabel dependen yang dapat memperkuat atau memperlemah hubungan namun tidak dapat diamati atau diukur.






 









3)   Variabel moderator
Merupakan variabel yang mepengaruhi (memperkuat atau memperlemah) hubungan antara variabel independen dengan dependen. Variabel ini sering disebut sebagai variabel independen kedua



 








 



4)  Variabel kontrol
Variabel kontrol merupakan variabel dengan berbagai unsur atau faktor didalamnya, yang harus dikendalikan agar tidak mempengaruhi variabel bebas, yang akan berakibat mempengaruhi variabel terikat. 
C.   Menentukan Instrumen
Untuk menentukan instrumen penelitian maka harus diketahui indikator-indikator penelitian dari variabel-variabelnya.
Variabel
indikator
Sumber data
Instrumen
HOTS
1.    Novelty
2.    Kontekstual
3.   Problem solving
4.   divergen
      dll
siswa
Tes uraian


3 komentar:

  1. Akan sangat baik jika penjelasan variabel diberikan contoh dan dijelaskan asal mula penarikan indikator (misal penurunan ke definisi konseptualnya)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih atas komentarnya pak.
      inshaAllah saya akan menambahkan postingan ini dengan contoh dan penarikan indikator dari variabel-variabel tersebut.

      Hapus
    2. Sebelum memberikan contoh saya sedikit menjelaskan tentang penarikan indikator pada variabel penelitian. Variabel-variabel penelitian dijabarkan dalam kajian kepustakaan yang disebut definisi konseptual. Dari definisi konseptual yang diambil dari teori-teori yang ada dalam buku maka dapat dijabarkan definisi operasional variabel. Definisi operasional variabel ini dikembangkan oleh peneliti. Selanjutnya dari definisi operasional inilah didapatkan indikator-indikator yang akan menjadi acuan dalam menulis instrumen penelitian.
      Contoh kisi-kisi instrumen prestasi belajar.
      Definisi operasional dari prestasi belajar. Prestasi belajar adalah skor dari tes yang mencerminkan kompetensi yang dituntut sebagai bukti kualitas penguasaan materi yang telah dipelajari oleh seseorang.
      Kompetense dasarnya : menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bangun ruang sisi datar.
      Indikatornya : 1) menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan prisma, 2) menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan limas.
      Instrumen : hitunglah luas prisma pada gambar disamping.
      Skor dari instrumen inilah yang disebut dengan prestasi belajar siswa.

      Hapus