About

TRI RAHMAH SILVIANI | 15709251035 | PMat A | UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Jumat, 11 September 2015

Perkenalan dengan Filsafat

PERKENALAN DENGAN FILSAFAT
TRI RAHMAH SILVIANI
15709251035 | PPs PMAT A

Selasa, 08 September 2015, pukul 11.10 sampai dengan 12.50 di ruangan 305B gedung PPs lama Universitas Negeri Yogyakarta. Pertemuan pertama dengan mata kuliah Filsafat Ilmu yang dibimbing oleh Prof. Dr. Marsigit, MA, pada pertemuan perdana di kelas PMat A 2015 beliau menyampaikan curriculum vitaenya dan menyampaikan tata cara atau adab dalam berfilsafat.
Filsafat adalah ilmu tentang pola pikir, darimana sumber-sumber / menurut siapa yang dipikirkan, apa saja pembenarannya, bagaimana logikanya, apa cakupannya, bagaimana tatacaranya, bagaimana etikanya, kapan dan dimananya. Dalam berfilsafat ada tiga aspek yang di pelajari yaitu : ontologi (hakikatnya) epistimologi(metodologinya) dan estestika(kepantasannya) bener atau salahnya baik dan buruknya. Jika kita mempelajari salah satu aspek dalam ilmu filsafat maka dengan sendirinya kita mempelajari aspek yag lain, karena ketiga aspek tersebut saling berkaitan satu sama lain.
Untuk mempelajari filsafat kita harus meneguhkan keyakinan kita terhadap Tuhan, karena jika kita mencari kebenaran atas keyakinan kita terhadap Tuhan dengan berfilsafat maka kita tidak akan menemukannya, jadi yakinlah pada hatimu yang didukung oleh logikamu terhadap pencipta alam semesta.
ang didukung oleh logikamu terhadap pencipta alam semesta.han maka kita tidak akan menemukannya, jai yakinlah deena ketiga aspeMempelajari filsafat ilmu tidak sama halnya dengan belajar matematika yang berupa ilmu pasti, belajar filsafat tidak memerlukan kepastian karena dalam filsafat yang salah itu benar, seperti halnya kita bertanya pada seorang anak Sekolah Dasar tentang ilmu Statistika, dan jika jawaban anak tersebut salah maka benar bahwa dia tidak mengetahui jawabannya sebab tidak ada atau belum ada pengetahuan tentang ilmu statistika yang dia dapatkan sebelumnya.
Teruslah belajar menggunakan hati dan logikamu sehingga kamu bisa menemukan jawaban yang sesuai dengan apa adanya, wallahualam. Semoga benrmanfaat :)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar